Pengaruh Kompetensi Profesional, Sarana Prasarana dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Dosen
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.78Keywords:
Kompetensi professional, fasilitas dan infrastruktur, motivasi berprestasi, kinerja dosenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional, sarana prasarana, motivasi berprestasi terhadap kinerja dosen di Politeknik Pariwisata Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan (observasi), angket (kuesioner), dokumentasi dan wawancara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 147 orang terdiri dari dosen dan tenaga pengajar dengan sampel 114 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil perhitungan statistik (i) nilai α dari X1 adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka Ha ditolak dan H0 diterima yang berarti kompetensi profesional X1 ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen (Y) di Politeknik Pariwisata Makassar. (ii) Berdasarkan hasil perhitungan statistik nilai α dari X2 adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian sarana prasarana (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen (Y) di Politeknik Pariwisata Makassar. (iii) Berdasarkan hasil perhitungan statistik nilai α dari X3 adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian motivasi berprestasi (X3) ternyata mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen (Y). Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan antara variable bebas bebas X1, X2 dan X3 secara simultan terhadap kinerja dosen (Y). Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa kompetensi profesional (X.1), sarana prasarana (X.2), motivasi berprestasi
References
Apriani., F., (2009) Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kerja. Jurnal Administrasi dan Ekonomi volume 16.
Djatmiko, E., (2006) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasaran Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Semarang.
Falahy, 2005. Studi Korelasi Antara Iklim Organisasi dan
Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja Guru
(Studi pada guru SMK Samarinda).Tesis
dipublikasikan (www.geocities.com/guruvalah)
Ghozali, Imam 2011. Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartanudin, (2018) Kompetensi dan Kepemimpinan
Dalam Mempengaruhi Kinerja Dosen STIE Serasan
Muara Enim, Media Wahana Ekonomika Vol. 15, No
Herlina. 2005. Hubungan Antara Iklim Organisasi dengan
Motivasi Berprestasi pada Karyawan (Studi pada PT.
Kemasindo Indah Triutama), Penelitian
dipublikasikan(www.psikologi-untar.com)
Universitas Tarunegara.
Liana,. Y., (2012) Iklim Organisasi dan Motivasi
Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja
Guru. Manajemen dan Akutansi, Volume 1.
Manik., S.,dan Syafrina N., (2018) Pengaruh Kompetensi
terhadap Kinerja Dosen Sekolah Ilmu Ekonomi Riau.
Jurnal Ilmiah dan Ekonomi volume 11.
Sihombing, Umberto. 2001. Pengaruh Keterlibatan
Dalam Pengambilan Keputusan, Penilaian pada
Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap
Kepuasan Kerja Pamong Belajar. Tesis
dipublikasikan (www.depdiknas.go.id).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Susanto,. H., (2010) Faktor Faktor yang Mempengaruhi
Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.
Wardana, D.,S., (2013) Motivasi Berprestasi dengan
Kinerja Guru yang Sudah disertifikasi. Ilmiah
Psikologi Terapan volume 1.
_______, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12
Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.