Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Pada Acara Launching Wakai Spring Summer 2020 Collection Di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v4i1.95Keywords:
Acara, Peluncuran Produk, Bauran Pemasaran, PenjualanAbstract
Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi penerapan bauran pemasaran pada acara peluncuran Wakai Spring Summer 2020 Collection Di Jakarta. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-April 2020, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung di lapangan, wawancara kepada penyelenggara serta pengunjung dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan dilakukan teknis analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan adalah strategi penerapan bauran pemasaran pada saat penyelenggaraan acara peluncuran wakai spring summer 2020 collection sudah dilaksanakan dengan baik untuk seleuruh komponen produk, harga, lokasi, dan promosi. Produk yang diluncurkan sangat inovatif dan rangkaian acara yang disajikan sangat beragam, Harga yang ditetapkan sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan, Lokasi event yang strategis serta mudah diakses dan promosi online serta offline yang sudah dilakukan. Berdasarkan pengamatan dilapangan, perlu ditingkatan lagi kegiatan promosi baik online dan offiline untuk penyelenggaraan event ini kedepannya, agar dapat meningkatkan citra merek, meningkatkan jumlah penjualan serta meningkatkan jumlah pengunjung.
References
Anggito,Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat:CV Jejak
Agustina, Shinta. 2019. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press)
Basu. Swasta DH, 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Liberty.
Budi M, Djatmiko. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Bandung: STEMBI-Bandung Business School.
Cohen,M.C & Perakis. G. 2020. Channel Strategies and Marketing Mix in a Connected World, Springer Series in Supply Chain Management 9. Springer Nature Switzerland AG 2020. https://doi.org/10.1007/978- 3- 030- 31733- 1_4
Denzin, Norman K. 2009. The research act : a theoretical introduction to sociological methods. New York : Routledge
Gitosudarmo, Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Yogyakarta: BPFE
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung:Alfabeta
Lamb, Charles W, Jr,. et al. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Lobel et al. 2015. Optimizing Product Launches in the Presence of Strategic Consumers. Management Science, Articles in Advance, pp. 1–22, © 2015 INFORMS
Malcom Mc Donald & Hugh Wilson. 2016. Marketing Plans, How To Prepare Them, How To Profit From Them. Eighth Edition. John Wiley and Sons,Ltd:United Kingdom
Noor, Any. 2013. Manajemen Event. bandung: alfabeta.
Posner, Harriet. 2015. Marketing Fashion Second Edition Strategy, Branding and Promotion. London: Laurence King Publishing
Priyono, Anjar; Nursyamsiah, Siti; Baziedy, Aditya Darmawan. 2018. Identifikasi elemen-elemen mikro kapabilitas dinamis sensing untuk pengembangan inovasi di usaha kecil dan menengah industri kreatif. Jurnal Siasat Bisnis; Yogyakarta Vol. 22, Iss. 1, (2018): 92-109. DOI:10.20885/jsb.vol22.iss1.art6
Rismiati, Catur E dan Ignatius Bondan Suratno. 2006. Pemasaran Barang dan Jasa,Yogyakarta;Kanisius.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno,Sadono, dkk. 2004. Pengantar Bisnis, Jakarta: Prenada Media.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.
Xu,Xiaowei. 2009. Optimal Price and Product Quality Decisions in a Distribution Channel. Management Science 55(8), pp. 1347–1352, © 2009 INFORMS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.