Efektivitas Penerapan E-commerce Melalui Website Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Ayodya Resort Bali

Authors

  • Ni Komang Thessy Aprelia Arijesni Politeknik Pariwisata Bali
  • Putu Diah Sastri Pitanatri Politeknik Pariwisata Bali

DOI:

https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.69

Keywords:

E-commerce, Efektivitas, Tingkat Hunian Kamar, Website

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 kemajuan teknologi informasi dan internet memicu perkembangan pada kegiatan penjualan melalui media internet (E-commerce ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan E-commerce dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Ayodya Resort Bali, khususnya melalui website hotel dan untuk mengetahui persepsi tamu mengenai E-commerce website Ayodya Resort Bali. Pada tahun 2018, penjualan kamar melalui E-commerce website hanya mencapai target pada bulan Mei saja. Tidak tercapainya target penjualan kamar mempengaruhi tingkat hunian kamar pada periode tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, kuesioner dan wawancara dengan menggunakan metode sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 88 responden. Selanjutnya, untuk tahapan analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, dikaji berdasarkan (1) perbandingan antara target dan realisasi penjualan kamar melalui E-commerce website (2) persepsi tamu terhadap kualitas E-commerce website Ayodya Resort Bali. Hasil dari penelitian yang pertama menyatakan perbandingan target dan realisasi penjualan kamar melalui E-commerce website pada tahun 2016-2018 sebesar 82,1% yang artinya efektif dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Ayodya Resort Bali. Hasil penelitian persepsi tamu mengenai Ecommerce website mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,22 yang artinya sangat setuju dengan performance Ecommerce website Ayodya Resort Bali.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen

Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aryawan, I., W & Ridwan, A., S. 2017. Efektivitas

Penerapan E-commerce Dalam Meningkatkan

Okupansi di Watermark Hotel and Spa Jimbaran

Badung. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi. Vol 14

No 1 Hlm 38-46

Chaffey, Dave. 2009. E-business and E-commerce

Management Strategy, Implementation and

Practice. London: Marketing Insights Limited

Kharisma, M., P. D. S Pitanatri & Pramana, I. (2020).

Pengaruh saluran distribusi offline dan online

travel agent dan implikasinya terhadap revenue per

available room di the anvaya beach resort bali.

Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 1 -8.

doi:10.24843/JKH.2020.v04.i01.p01

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik.

Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Pitana, I. G., & Pitanatri, P.D.S. (2016, September).

Digital marketing in tourism: the more global, the

more personal. In International Tourism

Conference: Promoting Cultural and Heritage

Tourism. Udayana University, Bali (pp. 1 -3)

Purbawa, I Nyoman Teguh. 2017. Efektivitas Personal

Selling pada PT. Wisundha Network Globalindo

Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 10 No 2

Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. E-commerce, E-business

dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel - variabel

Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rahmadi, Moch. Luthfi. 2013. Tips Membuat Website

tanpa Coding & Langsung Online. Yogyakarta:

Andi

Saputro H.W. 2007. Pengertian Website, Web. Hosting

Dan Domain Name.

http://www.balionrange.web.id/pengertian-websitewebhosting-domainname/. Diakses pada 24 April

Wijaya, Tri Vera dkk. 2016. Analisis Pengaruh Variabel

E-commerce (Interface, Navigation, Content,

Reliability dan Technical) Terhadap Keputusan

Pembelian Apartemen Melalui Situs Airbnb.

Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol 4

Hlm 265-275

Yoeti, Oka A. 2003. Manajemen Pemasaran Hotel.

Jakarta: PT. Perca

Yuliana, Oviliani Yenty. 2000. Penggunaan Teknologi

Internet Dalam Bisnis. Jurnal Akutansi &

Keuangan. Vol 2 No 1 Hlm 36-52

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Ni Komang Thessy Aprelia Arijesni, & Putu Diah Sastri Pitanatri. (2024). Efektivitas Penerapan E-commerce Melalui Website Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Ayodya Resort Bali. Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.69

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.