Efektivitas Penerapan E-commerce Melalui Website Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Ayodya Resort Bali
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.69Keywords:
E-commerce, Efektivitas, Tingkat Hunian Kamar, WebsiteAbstract
Pada era revolusi industri 4.0 kemajuan teknologi informasi dan internet memicu perkembangan pada kegiatan penjualan melalui media internet (E-commerce ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan E-commerce dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Ayodya Resort Bali, khususnya melalui website hotel dan untuk mengetahui persepsi tamu mengenai E-commerce website Ayodya Resort Bali. Pada tahun 2018, penjualan kamar melalui E-commerce website hanya mencapai target pada bulan Mei saja. Tidak tercapainya target penjualan kamar mempengaruhi tingkat hunian kamar pada periode tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, kuesioner dan wawancara dengan menggunakan metode sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 88 responden. Selanjutnya, untuk tahapan analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, dikaji berdasarkan (1) perbandingan antara target dan realisasi penjualan kamar melalui E-commerce website (2) persepsi tamu terhadap kualitas E-commerce website Ayodya Resort Bali. Hasil dari penelitian yang pertama menyatakan perbandingan target dan realisasi penjualan kamar melalui E-commerce website pada tahun 2016-2018 sebesar 82,1% yang artinya efektif dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Ayodya Resort Bali. Hasil penelitian persepsi tamu mengenai Ecommerce website mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,22 yang artinya sangat setuju dengan performance Ecommerce website Ayodya Resort Bali.
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen
Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Aryawan, I., W & Ridwan, A., S. 2017. Efektivitas
Penerapan E-commerce Dalam Meningkatkan
Okupansi di Watermark Hotel and Spa Jimbaran
Badung. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi. Vol 14
No 1 Hlm 38-46
Chaffey, Dave. 2009. E-business and E-commerce
Management Strategy, Implementation and
Practice. London: Marketing Insights Limited
Kharisma, M., P. D. S Pitanatri & Pramana, I. (2020).
Pengaruh saluran distribusi offline dan online
travel agent dan implikasinya terhadap revenue per
available room di the anvaya beach resort bali.
Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 1 -8.
doi:10.24843/JKH.2020.v04.i01.p01
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik.
Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Pitana, I. G., & Pitanatri, P.D.S. (2016, September).
Digital marketing in tourism: the more global, the
more personal. In International Tourism
Conference: Promoting Cultural and Heritage
Tourism. Udayana University, Bali (pp. 1 -3)
Purbawa, I Nyoman Teguh. 2017. Efektivitas Personal
Selling pada PT. Wisundha Network Globalindo
Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 10 No 2
Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. E-commerce, E-business
dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel - variabel
Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rahmadi, Moch. Luthfi. 2013. Tips Membuat Website
tanpa Coding & Langsung Online. Yogyakarta:
Andi
Saputro H.W. 2007. Pengertian Website, Web. Hosting
Dan Domain Name.
http://www.balionrange.web.id/pengertian-websitewebhosting-domainname/. Diakses pada 24 April
Wijaya, Tri Vera dkk. 2016. Analisis Pengaruh Variabel
E-commerce (Interface, Navigation, Content,
Reliability dan Technical) Terhadap Keputusan
Pembelian Apartemen Melalui Situs Airbnb.
Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol 4
Hlm 265-275
Yoeti, Oka A. 2003. Manajemen Pemasaran Hotel.
Jakarta: PT. Perca
Yuliana, Oviliani Yenty. 2000. Penggunaan Teknologi
Internet Dalam Bisnis. Jurnal Akutansi &
Keuangan. Vol 2 No 1 Hlm 36-52
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.