Profil Wisatawan Nusantara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.77Keywords:
Karakteristik Wisatawan, Wisatawan Nusantara, Ekowisata, Taman NasionalAbstract
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan salah satu destinasi pariwisata di Jawa Barat dengan luas kurang lebih 29 hektar yang berada di tiga kabupaten. Keanekaragaman daya tarik wisata khususnya alam yang ada di TNGGP menjadi salah satu alasan kunjungan wisatawan ke TNGGP, jumlah kunjungan wisatawan tahun 2019 sebanyak 251.222. Dengan kunjungan wisatawan yang konsisten dari tahun ke tahun sementara belum adanya data mengenai profil wisatawan nusantara membuat perencanaan produk wisata dan strategi pemasaran tidak terarah, oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai karakteristik wisatawan nusantara yang berkunjung ke TNGGP sehingga memudahkan dalam strategi pemasaran maupun dalam perencanaan kebijakan dan produk wisata TNGGP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan Teknik samplingnya adalah random sampling dengan membagikan kuesioner kepada 50 wisatawan yang kemudian dilakukan Analisis Statistik deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa profil wisatawan nusantara di TNGGP merupakan wisatawan dengan karakteristik allocentric dan Mid Centric dengan latar Pendidikan yang baik serta relatif baik dari segi ekonomi. Hasil penelitian ini sangat penting untuk pengembangan TNGGP sebagai destinasi wisata, terlebih penelitian yang dilakukan di TNGGP cenderung banyak kepada penelitian produk dan dampak.
References
Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009 Manajemen
Pemasaran. Jakarta: Gramedia
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran
Manajemen, Jakarta : Prenhalindo
Morrisan 2007. Innovation for Sustainable Tourism:
International Case Studies, Curtin Business
School, Curtin University, Western Australia
Page, S. J., & dowling, R. K. (2002). Ecotourism.
Pearson.
Plog (1964) Residents' perceptions on tourism
impacts. Annals of Tourism Research Volume
, Issue 4, 1992
Peraturan Pemerintah (PP) No. 36 Tahun 2010
tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka
Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan
Raya, dan Taman Wisata Alam
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang
Kreatif dan Analisis Kasus Integrated
Marketing Communication. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama
Simamora, Henry, 2000, Manajemen Pemasaran
Internasional (jilid 1 ), Jakarta : Salemba Empat
IUCN., 1994. Guidelines for Protected Areas
Management Categories, IUCN Commissions
on National Parks and Protected Areas
(CNPPA) – World Conservation Monitoring
Centre (WCMC), Gland – Switzerland and
Cambridge,UK.
Undang Undang No. 5 Tahun 1990.
Tentang : Konservasi Sumberdaya Alam Hayati
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.