Implementasi Corporate Social Responsibility (Studi Pada Hotel Grand Clarion Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i1.10Keywords:
Corporate Social Responsibility, aspek ekonomi, social, lingkunganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) di Hotel Grand Clarion Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah Hotel Grand Clarion Makassar. Populasi penelitian adalah semua masyarakat yang menjadi sasaran implementasi CSR selama tahun 2017 yaitu 301 KK. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden yang ditentukan dengan teknik Nonprobability Sampling, yaitu accidental sampling dan convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CSR di Hotel Grand Clarion Makassar sangat tinggi dilihat indicator: (1) Aspek ekonomi berupa dampak ekonomi dari kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan, (2) Aspek sosial berupa bentuk perhagaan dari perusahaan yang diberikan kepada stakeholder internal maupun eksternal, dan (3) Aspek lingkungan berupa tindakan perusahaan agar dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
References
Agoes dan Ardana. (2009). Pendekatan PekerjaanSosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin:Konsep, Indikator dan Strategi, Malang.
Ambadar, Jackie, (2008), CSR Dalam praktek di Indonesia, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Chandra dan Puji. 2010..Analisis Terhadap Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bentuk Program Kemitraan dan BinaLingkungan (Studi Pada PT Madubaru di Kabupaten Bantul)
Chahal, H. & Sharma, R.D. (2006). Implications Of Corporate Social Responsibility On Marketing Performance: A Conceptual Framework. Journal of Services Research, 6(1) April 2006 – September 2006.
Hasan, Iqbal M. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Holy K. M. Kalangit. (2009). Konsep Corporate Social Responsibility, Pengaturan dan Pelaksanaannya di Indonesia, 2 Februari 2009.www.csrindonesia.com
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran Edisi I. Jakarta: Prenhallindo. Kotler, P. & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good For Your Company And Your Cause. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.
Lindgren, D.,(2006). CSR Conference Survey. IBL Conference on CSR 2006 in Jakarta. TNS-IBL
Survey Report. 2006.
Rakib, M. (2010). Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Kecil. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 17 Nomor 2 Juni 2010. h. 121-129.
Rees, C, (2006). Conflict Resolution and Prevention through CSR”. Presentation Material.
Pricewaterhouse Coopers. IBL Conference on CSR. Jakarta. Suharto, Edi. (2008). Pola Tanggung Jawab Perusahaan Lokal di Jakarta, Galang, Volume 1 No 2 Januari 2006.
Tang W. (2007). Impact Of Corporate Image And Corporate Reputation On Customer Loyalty: A review”. Management Science and Engineering. 1(2) December 2007.
Van R J. (1997). Deriving An Operational Measure Of Corporate Identity. European Journal of
Marketing. 31(5), 410-22.
Widjaya, G., Pratama, Y.A. (2008). Resiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa CSR, PT Percetakan Penebar Swadaya, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.