Hak Anak Dalam Prinsip Bisnis DI Industri Hotel (Studi Kasus Hotel di Kota Bandung dan Subang)

Authors

  • Mustika Permatasari Politeknik Pariwisata Palembang
  • Dony Riyadi Politeknik Pariwisata Palembang
  • Mega Aldora STP NHI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.70

Keywords:

Menu, Fasilitas, Keluarga dan Anak

Abstract

Kota Bandung dan Subang merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai hiburan terutama bagi wisatawan keluarga dalam menghabiskan waktu liburannya. Dalam mendukung kenyamanan dan pelayanan agar wisatawan selama menghabiskan waktunya, maka perlu fasilitas pendukung mulai dari hotel dan restoran yang tidak hanya menawarkan pelayanan untuk tamu dewasa namun juga untuk tamu anak-anak. Kehadiran tamu anak-anak masih sering dianggap minoritas oleh pelaku usaha hotel. Hal ini terlihat dari beberapa hotel yang belum mempertimbangkan tentang menu anak dan fasilitas baik berupa produk maupun pelayanan yang memberikan rasa kenyamanan dan keamanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel hotel yang di Bandung dan Subang dimana tamunya adalah keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa penting menu dan fasilitas anak yang dimiliki oleh pengusaha hotel di Kota Bandung dan Subang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi tamu hotel terkait pelayanan dan fasilitas hotel memiliki nilai interval > 4.21 yang berarti sangat penting. Penilaian dengan nilai tertinggi condong kepada atribut kolam renang dan taman air, kegiatan dan ruang bermain anak serta menu anak lengkap.

References

Bagyono. (2008), Teori dan Praktik Hotel Front Office,

Penerbit Alfabeta, Bandung.

Children's Rights and Business Principles (CRBP),

(2012). UNICEF, the UN Global Compact and Save

the Children.

Fitria D, (2012). Analisis Ekspektasi Konsumen Terhadap

Atribut-Atribut Convenience Store (Studi Kasus

Convenience Store 7-Eleven Jakarta), Universitas

Indonesia.

Jelínková, D., Tučková, Z. & Jurigová, Z. (201 7). Market

segment of families with children: a new stimulus for

modern Czech spa industry?. Journal of International

Studies, 10(2), 158-169.

Johanson, M. (2008). A trend analysis of vacationing and

its impact on resort marketing, Journal of Hospitality

and Leisure Marketing, 7(3), 81 -90.

Kasavana, Michael L, (2017). Managing Front Office

Operations, Tenth Edition, Michigan State

University.

Kelly H, Antonio A, 2017. Child Payment Policies an

Important Hotel Attribute for Family Travelers? How

Does Barbadoes Match Up ?. Barbados. University of

The West Indies at Cave Hill.

Mwando Molline, Nyarota Margret, Muyambo

Rumbidazi, 2015. Family friendly services and

customer satisfaction in Zimbabwean resorts.

Chinhoyi University of Technology. African Journal

of Hospitality, Tourism and Leisure Vol. 4 (2)

Sudjana. (2008). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: Alfabeta.

Suppa, T. (2013, October 1). About Us:Trip Advisor for

business. Retrieved from Trip Advisor for Business:

file:///F:/Research%20for%20tourism/10%20Charact

eristics%20All%20TopRanking%20Family%20Hotel

s%20and%20Resorts%20Share%20_%20TripAdviso

r%20Insights.html

Zeithaml, Bitner dan Gremier, D. D. (2012) Services

Marketing. Singapore. Mc Graw Hill.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Mustika Permatasari, Dony Riyadi, & Mega Aldora. (2024). Hak Anak Dalam Prinsip Bisnis DI Industri Hotel (Studi Kasus Hotel di Kota Bandung dan Subang). Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.70

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.