Profil Wisatawan Nusantara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Authors

  • Eka Susanto Universitas Padjadjaran
  • M. Sapari Dwi Hadian Universitas Padjadjaran
  • Ute Lies Siti Khadijah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.77

Keywords:

Karakteristik Wisatawan, Wisatawan Nusantara, Ekowisata, Taman Nasional

Abstract

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan salah satu destinasi pariwisata di Jawa Barat dengan luas kurang lebih 29 hektar yang berada di tiga kabupaten. Keanekaragaman daya tarik wisata khususnya alam yang ada di TNGGP menjadi salah satu alasan kunjungan wisatawan ke TNGGP, jumlah kunjungan wisatawan tahun 2019 sebanyak 251.222. Dengan kunjungan wisatawan yang konsisten dari tahun ke tahun sementara belum adanya data mengenai profil wisatawan nusantara membuat perencanaan produk wisata dan strategi pemasaran tidak terarah, oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai karakteristik wisatawan nusantara yang berkunjung ke TNGGP sehingga memudahkan dalam strategi pemasaran maupun dalam perencanaan kebijakan dan produk wisata TNGGP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan Teknik samplingnya adalah random sampling dengan membagikan kuesioner kepada 50 wisatawan yang kemudian dilakukan Analisis Statistik deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa profil wisatawan nusantara di TNGGP merupakan wisatawan dengan karakteristik allocentric dan Mid Centric dengan latar Pendidikan yang baik serta relatif baik dari segi ekonomi. Hasil penelitian ini sangat penting untuk pengembangan TNGGP sebagai destinasi wisata, terlebih penelitian yang dilakukan di TNGGP cenderung banyak kepada penelitian produk dan dampak.

References

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009 Manajemen

Pemasaran. Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran

Manajemen, Jakarta : Prenhalindo

Morrisan 2007. Innovation for Sustainable Tourism:

International Case Studies, Curtin Business

School, Curtin University, Western Australia

Page, S. J., & dowling, R. K. (2002). Ecotourism.

Pearson.

Plog (1964) Residents' perceptions on tourism

impacts. Annals of Tourism Research Volume

, Issue 4, 1992

Peraturan Pemerintah (PP) No. 36 Tahun 2010

tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka

Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan

Raya, dan Taman Wisata Alam

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang

Kreatif dan Analisis Kasus Integrated

Marketing Communication. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama

Simamora, Henry, 2000, Manajemen Pemasaran

Internasional (jilid 1 ), Jakarta : Salemba Empat

IUCN., 1994. Guidelines for Protected Areas

Management Categories, IUCN Commissions

on National Parks and Protected Areas

(CNPPA) – World Conservation Monitoring

Centre (WCMC), Gland – Switzerland and

Cambridge,UK.

Undang Undang No. 5 Tahun 1990.

Tentang : Konservasi Sumberdaya Alam Hayati

https://jabar.bps.go.id/

https://www.gedepangrango.org/

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Eka Susanto, M. Sapari Dwi Hadian, & Ute Lies Siti Khadijah. (2024). Profil Wisatawan Nusantara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.77

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.