Tata Kelola Wisata Permandian Alam Waetuo Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Di Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i1.11Keywords:
Dinas Pariwissata, Pengelola wisata permandian alam waetuo, Fasilitas PendukungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan – kekurangan yang menjadi permasalahan dalam pengembangan wisata permandian alam waetuo Kabupaten Bone serta upaya yang seharusnya dilakukan pihak Dinas pariwisata Kabupaten Bone dalam menjawab kekurangan dan permasalahan yang terjadi khususnya yang terkait denga wisata alam waetuo. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan menggunakan deskriptif kualitatif, metode ini digunakan untuk melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kab. Bone Provinsis Sulawesi Selatan memiliki beragam potensi destinasi pariwisata yang berjumlah 30 destinasi wisata alam dan sangat potensial untuk dikembangkan salah satunya dari destinasi yang peneliti lakukan adalah keberadaan wisata permandian alam waetuo hanya saja wisata alam waetuo tersebut belum dapat terkelola dengan maksimal hal ini, dapat terlihat dengan adanya data yang menunjukkan bahwa kurangnya pegawai yang ditempatkan dibagian pengelolaan wisata alam waetuo, sebahagian bangunan yang mengalami kerusakan, fasilitas sarana yang kurang memadai, rumah penduduk masih menyatu dengan lokasi destinasi, kurangnya pelatihan dan bimbingan yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata Kab. Bone serta kurangnya bentuk promosi yang dilakukan hal ini dapat di ketahui dari data yang terkumpul menunjukkan pengunjung yang datang ke wisata alam waetuo hanya sebatas wisatawan lokal dan jumlah pengunjung dari luar wilayah Kab. Bone masih sangat kurang.
References
Anindita,Melisa, (2015) “ Analisis Faktor-faktor yang Mempengeruhi Tingkat kunjungan ke Kolam Renang Boja “ Skripsi Ekonomika dan Bisnis, Universitas di Ponegoro
Assauri, Sofyan. (1999). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi Jakarta: PT Raja Grafindo
Basu, Swastha, (1999). Manajemen pemasaran Modern, Yogyakarta:Liberty
Damanik, Janianton dan weber, helmut, (2006), Perencanaan Eko Wisata Dari Teori ke Aplikasi, Yogyakarta : Puspar UGM dan Andi.
Hasibuan, Malayu, S.P. (2004). Manajemen Edisi Revisi, Jakarta : Pt. Bumi Aksara.
Irawan, Koko. (2010). Potensi Objek Wisata sebagai Daya Tarik Wisata, Yogyakarta: Kertas karya.
Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, (2010). Manajemen Destinasi Pariwisata
Kusumaningrum, Dian, (2009). Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap daya Tarik Wisata, Yogyakarta: Kajian.
Manullang, (1994). Manajemen Personalia, Jakarta, Ghalia
Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan Edisi Revisi. Bandung: Alfa Beta
Moenir, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
Moleong, Lexy,J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosta
Nazir, Moh, (2005). Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara
Nugroho Iwan, (2011). Eko Wisata dan pembangunan Berkelanjutan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pitana I Gde, Diarta Surya I Ketut, (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta : Andi
Purwanto, (2009). Evaluasi hasil belajar, Jakarta:Pustaka belajar
Ryan, C, (1991). Recreational Tourism : A.Social Scince Perspective. London Routledge.
Sugiyono, (2003). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: Angkasa
Sunaryo Bambang, (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata, Yogyakarta: Gava Mediva
Yoety, A,Oka, (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Bandung:PT. Pradnya Paramita.
Zainun, (1990). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, Jakarta, Gunung Agung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.