Hak Anak Dalam Prinsip Bisnis DI Industri Hotel (Studi Kasus Hotel di Kota Bandung dan Subang)
DOI:
https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i1.70Keywords:
Menu, Fasilitas, Keluarga dan AnakAbstract
Kota Bandung dan Subang merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai hiburan terutama bagi wisatawan keluarga dalam menghabiskan waktu liburannya. Dalam mendukung kenyamanan dan pelayanan agar wisatawan selama menghabiskan waktunya, maka perlu fasilitas pendukung mulai dari hotel dan restoran yang tidak hanya menawarkan pelayanan untuk tamu dewasa namun juga untuk tamu anak-anak. Kehadiran tamu anak-anak masih sering dianggap minoritas oleh pelaku usaha hotel. Hal ini terlihat dari beberapa hotel yang belum mempertimbangkan tentang menu anak dan fasilitas baik berupa produk maupun pelayanan yang memberikan rasa kenyamanan dan keamanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel hotel yang di Bandung dan Subang dimana tamunya adalah keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa penting menu dan fasilitas anak yang dimiliki oleh pengusaha hotel di Kota Bandung dan Subang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi tamu hotel terkait pelayanan dan fasilitas hotel memiliki nilai interval > 4.21 yang berarti sangat penting. Penilaian dengan nilai tertinggi condong kepada atribut kolam renang dan taman air, kegiatan dan ruang bermain anak serta menu anak lengkap.
References
Bagyono. (2008), Teori dan Praktik Hotel Front Office,
Penerbit Alfabeta, Bandung.
Children's Rights and Business Principles (CRBP),
(2012). UNICEF, the UN Global Compact and Save
the Children.
Fitria D, (2012). Analisis Ekspektasi Konsumen Terhadap
Atribut-Atribut Convenience Store (Studi Kasus
Convenience Store 7-Eleven Jakarta), Universitas
Indonesia.
Jelínková, D., Tučková, Z. & Jurigová, Z. (201 7). Market
segment of families with children: a new stimulus for
modern Czech spa industry?. Journal of International
Studies, 10(2), 158-169.
Johanson, M. (2008). A trend analysis of vacationing and
its impact on resort marketing, Journal of Hospitality
and Leisure Marketing, 7(3), 81 -90.
Kasavana, Michael L, (2017). Managing Front Office
Operations, Tenth Edition, Michigan State
University.
Kelly H, Antonio A, 2017. Child Payment Policies an
Important Hotel Attribute for Family Travelers? How
Does Barbadoes Match Up ?. Barbados. University of
The West Indies at Cave Hill.
Mwando Molline, Nyarota Margret, Muyambo
Rumbidazi, 2015. Family friendly services and
customer satisfaction in Zimbabwean resorts.
Chinhoyi University of Technology. African Journal
of Hospitality, Tourism and Leisure Vol. 4 (2)
Sudjana. (2008). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).
Bandung: Alfabeta.
Suppa, T. (2013, October 1). About Us:Trip Advisor for
business. Retrieved from Trip Advisor for Business:
file:///F:/Research%20for%20tourism/10%20Charact
eristics%20All%20TopRanking%20Family%20Hotel
s%20and%20Resorts%20Share%20_%20TripAdviso
r%20Insights.html
Zeithaml, Bitner dan Gremier, D. D. (2012) Services
Marketing. Singapore. Mc Graw Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.