Persuasi Instagram Terhadap Brand Awareness Terhadap Pangsa Pasar Millennial di Intercontinental Bali Resort

Authors

  • Putu Bella Ayu Virdani Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Putu Diah Sastri Pitanatri Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Dewa Ketut Sujatha Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i2.23

Keywords:

Strategi, Social Media, Instagram, Brand Awareness

Abstract

Social media merupakan salah satu media yang digunakan pihak hotel untuk memasarkan fasilitas dan produknya. Mengikuti tren tersebut, InterContinental Bali Resort menggunakan social media Instagram sebagai salah satu media untuk menjaga dan mengenalkan brand InterContinental Bali Resort. Dilihat dari data yang ingin dicapai pada tahun 2018 masih belum mencapai target, tetapi pengikut Instagram InterContinental Bali Resort dapat dikatakan sudah banyak jika dibandingkan pengikut dengan respon di Instagram masih sangat minim. Oleh karena itu, untuk mengetahui posisi brand awareness InterContinental Bali Resort diperlukan strategi social media khusus pada Instagramnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi brand awareness melalui social media Instagram, sehingga dapat mengetahui strategi lanjutan apa yang cocok untuk diterapkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data 100 kuesioner dengan 4 indikator brand awareness. Responden kuesioner ini adalah generasi millennial pengguna aktif Instagram. Hasil kuesioner dianalisis dengan tingkatan untuk mengetahui posisi brand dan menentukan strategi lanjutannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi brand awareness terhadap Instagram InterContinental Bali Resort terletak pada brand recall yang berarti Instagram InterContinental Bali Resort sudah dikenal tanpa harus mengingatkan kembali akan brand tersebut. Untuk meningkatkan posisi ke “top of mind” diperlukan beberapa strategi lanjutan seperti menjalin komunikasi, membuat kontenkonten yang lebih kreatif dan mengatur waktu postingan yang disesuaikan dengan target market sehingga melalui Instagram InterContinental Bali Resort, produk

References

Abdurrahman, Nana Herdina. 2015. Manajemen Strategi

Pemasaran. Jawa Barat : CV. Pustaka Setia

Adyani, I Gusti Ayu Putu Diah & Putu Diah Sastri

Pitanatri . 2017. Pengaruh Electronic Word Of Mouth

Terhadap Keputusan Menginap Bagi Tamu FIT (Free

Independent Traveller) : Studi Kasus di Hilton Bali

Resort. Jurnal Bisnis Hospitaliti, Volume 6 No 1. 2017.

ISSN 2581 -2122; Penerbit: Pusat Penelitian dan

Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi

Pariwisata Nusa Dua Bali

Agung, Gregorius. 2012. Instagram Untuk Fotografi

Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta : PT elex Media

Komputindo

Badan Pusat Statistik. 2018. Profil Generasi Milenial

Indonesia. Jakarta : Kementerian Pemberdayaan

Perempuan dan Perlindungan Anak. dari

https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acdebuku-profil-generasi-milenia.pdf. Diakses pada Mei

, 2019

Best, Roger J. 2013. Market-Based Management:

Strategies for Growing Customer Value and

Profitability. New Jersey : Pearson

Buchari, Alma. 2010. Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Durianto, Darmadi dan Tony S. 2004. Strategi

Menakklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku

Merek. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

Herosoftmedia.co.id. 2019. Social Media Marketing

Strategi. https://www.herosoftmedia.co.id/socialmedia-marketing-strategi/. Diakses pada Mei 7, 2019

Indrawati, Komang Ayu Pradnya., I Nyoman Sudiarta., &

I Wayan Suardana. 2017. Efektivitas Iklan Melalui

Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah

Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas

Bali: Teori Media Sosial. Jurnal Analisis Pariwisata,

Vol. 17 (No. 2), halaman 79.

https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484/

Diakses pada April 30, 2019

Internet World Stats. 2018. World Internet Users and 2018

Population Stats.

https://internetworldstats.com/stats.htm. Diakses pada

Januari 23, 2019

Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management.

New Jersey : Pearson

Kothler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa

Perencanaan, Implementasi dan Control. Jakarta :

Prehalindo

Marketeers.com. 2013. Empat Pilar Strategi Media Sosial.

https://marketeers.com/empat-pilar-strategi-mediasosial/. Diakses pada Mei 7, 2019

OECD. 2014. Open Government in Indonesia.

http://www.oecd.org/ dan https://read.oecdilibrary.org/governance/open-government-inindonesia_9789264265905-en#page192 . Diakses pada

April 25, 2019

Pakar Komunikasi.com. 2017. Pengertian Media Sosial

Menurut Para Ahli.

https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosialmenurut-para-ahli. Diakses pada Mei 7, 2019

Pitanatri, P. D. S., & Pitana, I. G. 2019. Challenging the

Giants: Factors Contributing to Local Homestay

Competitiveness in Ubud Bali. The Journal of Social

Sciences Research, 5(3), 796-802.

Pomalaa, Lovely., Yusi Tyroni Mursityo., & Dwi Atmaja

Herlambang. 2018. Analisis Faktor Brand Awareness,

Brand Exposure, Customer Engagement, dan

Electronic Word of Mouth Dalam Pemasaran Melalui

Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia. Jurnal

Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu

Komputer, Vol.2, (No 10), halaman 4082-4091.

http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/2843/1086. Diakses pada April

,2019.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction

Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan

Kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Utama

Sadiya, Lailatus. 2018. Strategi Promosi di Media Sosial

Instagram Terhadap Kesadaran Merek Di Era Generasi

Z. Jurnal Strategi Promosi.

journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3

/2601. Diakses pada April 28, 2019

Semuel, Hatane., & Kelvin Yohanes Setiawan. 2018.

Jurnal Promosi Melalui Sosial Media, Brand

Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu

Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12

(No.1), halaman 48.

jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/.../19

Diakses pada Januari 29, 2019

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang :

UB Press

Spssindonesia.com. 2014. Uji Reliabilitas Alpha SPSS.

https://www.spssindonesia.com/2014/01/ujireliabilitas-alpha-spss.html. Diakses pada Mei 15, 2019

Statista. 2018. Leading Social Media Platforms Used by

Marketers Worldwide.

https://www.statista.com/statistics/259379/socialmedia-platforms-used-by-marketers-worldwide/.

Diakses pada Pebruari 23, 2019

Strauss, Judy & Frost Raymond. 2009. E-Marketing. New

Jersey : Pearson

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif

dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung

: Alfabeta

Sujarweni,V Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian.

Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta : PT

Elex Media Komputindo

Sumiati., Nadiyah Hirfiyana Rosita., & Ida Yulianti. 2016.

Brand Dalam Implikasi Bisnis. Malang : UB Press

Trihendradi, Cornelius. 2012. Step by Step SPSS 20

Analisis Data Statistik. Yogyakarta : ANDI

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Putu Bella Ayu Virdani, Putu Diah Sastri Pitanatri, & Dewa Ketut Sujatha. (2024). Persuasi Instagram Terhadap Brand Awareness Terhadap Pangsa Pasar Millennial di Intercontinental Bali Resort. Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 2(2), 111–118. https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i2.23

Issue

Section

Articles