Perencanaan Paket Wisata Sejarah Lembah Bakkara Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara

Authors

  • Windra Aini Politeknik Pariwisata Makassar
  • Mohamad Ridwan Universitas Fajar
  • Emrizal Politeknik Pariwisata Medan

DOI:

https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i2.21

Keywords:

perencanaan paket wisata, atraksi wisata, fasilitas, aksesibilitas

Abstract

Lembah Bakkara memiliki potensi wisata alam dan budaya yang beragam, namun belum satupun destinasi Lembah Bakkara masuk dalam paket wisata. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan paket wisata Lembah Bakkara di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan melihat potensi destinasi pariwisata dari perspektif tour operator. Indikator analisis menekankan pada potensi atraksi wisata Lembah Bakkara, fasilitas, aksesibilitas dan paket wisata yang layak jual. Penelitian ini menghasilkan empat temuan penting yaitu 1) potensi atraksi wisata budaya dan alam sangat potensial untuk dikembangkan dan dijual melalui paket wisata; 2) Fasilitas akomodasi, makan dan minum tersedia dan dalam kondisi layak; 3) Akses dari dan menuju Lembah Bakkara sangat mudah dan kondisinya jalan baik dan 4) paket wisata fullday tour dengan durasi 6 – 9 jam.

References

Cahyu, (2017). “Menpar Dorong Pembangunan Homestay di Lembah Bakkara.” Diakses tanggal 3 Juli 2018 melalui laman https://www.liputan6.com.

Kotler, P., Bowen, J & Makens, J. (2002). “Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan. Jakarta : Prenhallindo

Nuriata, T. (1992). “Perencanaan Perjalanan Wisata. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyitno. (2001). “Perencanaan Wisata”. Yogyakarta : Kanisius Suwena, Widyatmaja. (2010). “Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar : Udayana University Press.

Yoeti, Oka. A. (1997). “Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata.” Bandung : Angkasa Offset.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Windra Aini, Mohamad Ridwan, & Emrizal. (2024). Perencanaan Paket Wisata Sejarah Lembah Bakkara Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(2), 59–63. https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i2.21

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.