Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Efisiensi Usaha Kuliner melalui Pengabdian kepada Masyarakat dengan Model PjBL: Pengalaman di Concrete Café & Resto Kabupaten Maros

Authors

  • Nur Salam Politeknik Pariwisata Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i2.514

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Project-Based Learning (PjBL), Efisiensi Operasional, Layanan Pelanggan, Usaha Kuliner, Pengembangan SDM, Pengelolaan Persediaan, Inovasi Produk

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan efisiensi operasional di Concrete Café & Resto Kabupaten Maros melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL). Kegiatan ini melibatkan 12 peserta yang terdiri dari staf operasional, pelayanan, dan manajemen kafe. Pada tahap pertama, peserta diberikan bimbingan teknis mengenai efisiensi alur kerja, pengelolaan persediaan, dan tata kelola operasional yang efektif, serta pelatihan standar pelayanan pelanggan. Selanjutnya, peserta diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam simulasi praktis dengan fokus pada peningkatan kualitas pelayanan dan penyajian produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi operasional, kualitas layanan pelanggan, dan penerapan prosedur standar. Model PjBL terbukti efektif dalam membekali peserta dengan keterampilan praktis dan inovasi dalam meningkatkan daya saing usaha kuliner. Kegiatan ini juga berkontribusi pada penguatan peran perguruan tinggi dalam pengembangan sektor kuliner lokal.

References

Abadi, S., Sulandjari, K., Nasution, N. S., Keguruan, F., Universitas, P., & Karawang, S. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 1(11).

Amoako, G. K. (2022). Customer Satisfaction: Role of Customer Service, Innovation, and Price in the Laundry Industry in Ghana. Journal of African Business, 23(1). https://doi.org/10.1080/15228916.2020.1826855

Asnur, L., Ambiyar, Ramadhani, D., & Verawardina, U. (2020). Project-based learning uses vlog media on food and beverages products. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1).

Astuti, H. P., Rusli, A., Aryadhi, A., Anugrah, A., Latihfa, L., & Dos Santos, H. A. (2024). Hygiene dan Sanitasi Desa Wisata: Peningkatan Kualitas Air Sumur Melalui Media Filterisasi, Pangkajene dan Kepulauan. PADAIDI: Journal of Tourism Dedication, 1(2), 121–126. https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i2.125

Handoyo, S., Suharman, H., Ghani, E. K., & Soedarsono, S. (2023). A business strategy, operational efficiency, ownership structure, and manufacturing performance: The moderating role of market uncertainty and competition intensity and its implication on open innovation. In Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100039

Jaya, R., Ohyver, D. A., Muhtasom, A., & AB, A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Melalui Pelatihan Pengelolaan Homestay dan Kebersihan. PADAIDI: Journal of Tourism Dedication, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i1.111

Juma Odhiambo, H., & Anyieni, A. (2023). Value Disciplines and Competitive Advantage of Commercial Banks in Kenya. Edith Cowan Journal of Strategic Management, 6(1). https://doi.org/10.55077/edithcowanjournalofstrategicmanagement.v6i1.68

Junaid, I. (2021). Community empowerments strategy for economic opportunities in Selayar Islands Regency, South Sulawesi. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 34(1). https://doi.org/10.20473/mkp.v34i12021.72-80

Kurnia, N., Liliasari, Adawiyah, D. R., & Supriyanti, F. M. T. (2020). The study of traditional food HACCP through project-based learning in food chemistry course. Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296379

Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132

Mones, A. Y., Aristiawan, Muhtar, & Irawati, D. (2023). Project Based Learning (PJBL) Perspektif Progresivisme dan Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tanatngan Dan Peluang.”

Musa, F., Mufti, N., Latiff, R. A., & Amin, M. M. (2012). Project-based Learning (PjBL): Inculcating Soft Skills in 21st Century Workplace. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.315

Nurhalimah, N., Darmawan, R. N., & Kanom, K. (2021). Bimbingan Teknis Digitalisasi Promosi Berbasis Website dan Media Sosial Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Angin Desa Pakel Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.54082/jamsi.74

Oktaviyah, N. (2022). Penyusunan Anggaran Operasional Pada Umkm Kuliner di Kabupaten Maros. Bata Ilyas Journal of Accounting, 3(2). https://doi.org/10.37531/bijak.v3i2.2948

Pauzi, R., Tikson, D. T., & Hasniati, H. (2021). Inovasi Penataan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Maros. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik). https://doi.org/10.31947/jakpp.v7i1.11702

Plekhanov, D., Franke, H., & Netland, T. H. (2023). Digital transformation: A review and research agenda. European Management Journal, 41(6). https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.09.007

Purnamasari, I., & Rusni. (2019). Tri Dharma Perguruan Tinggi Menjawab Tantangan Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Rahmania, I. (2021). Project Based Learning (PjBL) Learning Model with STEM Approach in Natural Science Learning for the 21st Century. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1). https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1727

Wibowo, S., Muchlis, N. F. F., & Yahya, M. (2023). Local Culinary Travel Pattern Development Model in Lerep Tourism Village. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 5(1). https://doi.org/10.33649/pusaka.v5i1.192

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Salam, N. (2025). Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Efisiensi Usaha Kuliner melalui Pengabdian kepada Masyarakat dengan Model PjBL: Pengalaman di Concrete Café & Resto Kabupaten Maros. PADAIDI: Journal of Tourism Dedication, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i2.514

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.