Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Efisiensi Usaha Kuliner melalui Pengabdian kepada Masyarakat dengan Model PjBL: Pengalaman di Concrete Café & Resto Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i2.514Keywords:
Pengabdian kepada Masyarakat, Project-Based Learning (PjBL), Efisiensi Operasional, Layanan Pelanggan, Usaha Kuliner, Pengembangan SDM, Pengelolaan Persediaan, Inovasi ProdukAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan efisiensi operasional di Concrete Café & Resto Kabupaten Maros melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL). Kegiatan ini melibatkan 12 peserta yang terdiri dari staf operasional, pelayanan, dan manajemen kafe. Pada tahap pertama, peserta diberikan bimbingan teknis mengenai efisiensi alur kerja, pengelolaan persediaan, dan tata kelola operasional yang efektif, serta pelatihan standar pelayanan pelanggan. Selanjutnya, peserta diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam simulasi praktis dengan fokus pada peningkatan kualitas pelayanan dan penyajian produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi operasional, kualitas layanan pelanggan, dan penerapan prosedur standar. Model PjBL terbukti efektif dalam membekali peserta dengan keterampilan praktis dan inovasi dalam meningkatkan daya saing usaha kuliner. Kegiatan ini juga berkontribusi pada penguatan peran perguruan tinggi dalam pengembangan sektor kuliner lokal.
References
Abadi, S., Sulandjari, K., Nasution, N. S., Keguruan, F., Universitas, P., & Karawang, S. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 1(11).
Amoako, G. K. (2022). Customer Satisfaction: Role of Customer Service, Innovation, and Price in the Laundry Industry in Ghana. Journal of African Business, 23(1). https://doi.org/10.1080/15228916.2020.1826855
Asnur, L., Ambiyar, Ramadhani, D., & Verawardina, U. (2020). Project-based learning uses vlog media on food and beverages products. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1).
Astuti, H. P., Rusli, A., Aryadhi, A., Anugrah, A., Latihfa, L., & Dos Santos, H. A. (2024). Hygiene dan Sanitasi Desa Wisata: Peningkatan Kualitas Air Sumur Melalui Media Filterisasi, Pangkajene dan Kepulauan. PADAIDI: Journal of Tourism Dedication, 1(2), 121–126. https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i2.125
Handoyo, S., Suharman, H., Ghani, E. K., & Soedarsono, S. (2023). A business strategy, operational efficiency, ownership structure, and manufacturing performance: The moderating role of market uncertainty and competition intensity and its implication on open innovation. In Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100039
Jaya, R., Ohyver, D. A., Muhtasom, A., & AB, A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Melalui Pelatihan Pengelolaan Homestay dan Kebersihan. PADAIDI: Journal of Tourism Dedication, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i1.111
Juma Odhiambo, H., & Anyieni, A. (2023). Value Disciplines and Competitive Advantage of Commercial Banks in Kenya. Edith Cowan Journal of Strategic Management, 6(1). https://doi.org/10.55077/edithcowanjournalofstrategicmanagement.v6i1.68
Junaid, I. (2021). Community empowerments strategy for economic opportunities in Selayar Islands Regency, South Sulawesi. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 34(1). https://doi.org/10.20473/mkp.v34i12021.72-80
Kurnia, N., Liliasari, Adawiyah, D. R., & Supriyanti, F. M. T. (2020). The study of traditional food HACCP through project-based learning in food chemistry course. Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296379
Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132
Mones, A. Y., Aristiawan, Muhtar, & Irawati, D. (2023). Project Based Learning (PJBL) Perspektif Progresivisme dan Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tanatngan Dan Peluang.”
Musa, F., Mufti, N., Latiff, R. A., & Amin, M. M. (2012). Project-based Learning (PjBL): Inculcating Soft Skills in 21st Century Workplace. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.315
Nurhalimah, N., Darmawan, R. N., & Kanom, K. (2021). Bimbingan Teknis Digitalisasi Promosi Berbasis Website dan Media Sosial Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Angin Desa Pakel Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.54082/jamsi.74
Oktaviyah, N. (2022). Penyusunan Anggaran Operasional Pada Umkm Kuliner di Kabupaten Maros. Bata Ilyas Journal of Accounting, 3(2). https://doi.org/10.37531/bijak.v3i2.2948
Pauzi, R., Tikson, D. T., & Hasniati, H. (2021). Inovasi Penataan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Maros. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik). https://doi.org/10.31947/jakpp.v7i1.11702
Plekhanov, D., Franke, H., & Netland, T. H. (2023). Digital transformation: A review and research agenda. European Management Journal, 41(6). https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.09.007
Purnamasari, I., & Rusni. (2019). Tri Dharma Perguruan Tinggi Menjawab Tantangan Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Rahmania, I. (2021). Project Based Learning (PjBL) Learning Model with STEM Approach in Natural Science Learning for the 21st Century. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1). https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1727
Wibowo, S., Muchlis, N. F. F., & Yahya, M. (2023). Local Culinary Travel Pattern Development Model in Lerep Tourism Village. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 5(1). https://doi.org/10.33649/pusaka.v5i1.192
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Salam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.