Pengelolaan Dana BUMDes Melalui Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pemasaran di Desa Gunung Perak Sinjai Barat
DOI:
https://doi.org/10.33649/padaidi.v1i2.552Keywords:
BUMDes, Financial Management, MarketingAbstract
Pelatihan pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kinerja ekonomi desa. Artikel ini membahas pelaksanaan pelatihan yang difokuskan pada peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam manajemen keuangan serta strategi pemasaran yang efektif bagi pengelola BUMDes. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui workshop, studi kasus, dan simulasi keuangan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta dalam menyusun laporan keuangan, membuat perencanaan anggaran, serta merancang strategi pemasaran berbasis potensi lokal. Pelatihan ini juga mendorong penguatan tata kelola yang transparan dan akuntabel, serta memperluas jejaring pemasaran produk BUMDes. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran secara terpadu berperan penting dalam mendukung kemandirian dan keberlanjutan BUMDes.
References
Filya, AR (2018). Optimalisasi pengelolaan badan usaha milik desa (bumdes) pada jalur budidaya di Kabupaten Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Publik, 5 (1), 19-39. Diambil dari http://ejournal.ipdn.ac.id/JEKP/article/view/393
Hurriyati, R. (2019). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (Cetakan 2). Alfabeta, CV.
Layyinaturrobaniyah, & Muizu, W. O. Z. (2017). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Di Desa Purwadadi Barat Dan Pasirbungur Kabupaten Subang. Jurnal Pekbis, 9(2), 91–103.
Lilik Handajani, Akram, Saipul Arni Muhsyaf, & Ayudia Sokarina. (2021). Pendampingan Tata Kelola Keuangan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 296–303. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1127
Nuraisiah, R. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Home Industri Di Kota Cilegon Provinsi Banten. Jumanis Baja, 02(02), 62–78.
Syuhada, A. A., & Gambett, W. (2013). Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises based on Social Media. Procedia Technology, 11, 446–454. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2013.12.214
Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 465–476.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhayani, Hasisa Haruna, Muhammad Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.